Wiranto: Sesama capres Itu Jangan Saling Ganggu - Pemilih.com

PEMILIH.COM Jenderal TNI (purn) Wiranto calon presiden yang diusung Partai Hanura siap bersaing dengan capres lainnya, asalkan berkompetisi sehat.

Wiranto mengaku tak terlalu mempersoalkan desas-desus Jokowi yang akan maju sebagai kandidat capres, karena elektabilitas Jokowi tinggi berdasarkan hasil lembaga survey.

“Sesama calon presiden jangan saling ganggu,” kata Wiranto ketika berbincang dengan para blogger Kompasiana dalam acara Monthly Discussion (Modis) bertajuk ‘Estafet Perjuangan Pahlawan Menuju Indonesia Maju’ di Hotel All Seasons, Jakarta, Sabtu (09/11).


Lagipula menurutnya, Jokowi hanya dideklarasikan sebagai capres oleh sejumlah lembaga survei. “Kalau saya kan sudah mendeklarasikan diri sebagai capres dari Partai Hanura,” katanya.

Namun, kata Wiranto, jika nantinya Jokowi akan maju sebagai capres, dirinya siap berkompetisi dengan politisi PDI perjuangan itu. Menurutnya, menjadi capres adalah hak politik setiap warga negara. “Itukan hak politiknya, jadi bagi saya monggo, nggak masalah,” tuturnya.

Seperti diberitakan, sejumlah hasil survei menunjukkan elektabilitas Jokowi teratas sebagai bakal capres. Namun PDI Perjuangan hingga saat ini belum memutuskan capres yang akan diusung dalam Pilpres 2014. Adapun Wiranto telah ditetapkan Partai Hanura untuk maju bersama Hary Tanoesoedibjo.

Dengan demikian pencapresan tentu masih melihat hasil Pemilu Legislatif pada April 2014 lantaran ada syarat ambang batas pengusungan capres-cawapres. Jika tak cukup, maka parpol harus berkoalisi. Penetapan capres-cawapres bisa saja berubah. (baratamedia.com)