Wiranto sarankan Kapolri dan Panglima TNI bertemu - Merdeka

Merdeka.com - Maraknya gesekan antara anggota TNI dan Polri akhir-akhir ini mengundang banyak keprihatinan. Mantan Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto meminta pemerintah segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Jika terus dibiarkan, dikhawatirkan akan muncul perselisihan lainnya.

Menurut mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan tersebut, penyelesaian gesekan yang sering terjadi antara TNI dan Polri sebenarnya mudah. Salah satunya dilakukan pertemuan di tingkat elite.

"Konflik seperti itu tidak boleh terjadi, semua harus diperbaiki. Panglima TNI baru, Kapolri juga baru, mereka harus segera bertemu membicarakan masalah tersebut. Ketemu, bincangkan, selesai," kata Wiranto, Kamis (21/11).

Akhir-akhir ini dua institusi negara TNI dan Polri kerap terlibat keributan. Padahal, dua lembaga itu harusnya bekerja sama untuk melindungi bangsa ini.
Lucunya, keributan di antara mereka sering kali dipicu hanya masalah sepele, yakni kesalahpahaman, seperti yang terjadi di Karawang, Jawa Barat. Peristiwa tersebut tentu tidak hanya membuat malu TNI dan Polri, namun juga rakyat dan bangsa Indonesia.