Tolak Ruhut, Hanura tak mau Komisi III jadi komisi badut - merdeka.com

Pelantikan Ruhut Sitompul menjadi Ketua Komisi III DPR, mendapat penolakan dari Fraksi Partai Gerindra dan Hanura. Ruhut dinilai tak layak menjadi ketua komisi.

"Saya, Fraksi Hanura menolak penunjukan Ruhut jadi ketua Komisi III," kata anggota Komisi III yang juga Ketua Fraksi Hanura di DPR, Syarifuddin Sudding di Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (24/9).

Sudding memastikan bila nanti Ruhut menjabat sebagai ketua, Komisi III bakal jadi komisi badut. "Saya pribadi tidak ingin komisi ini menjadi komisi badut, komisi dagelan. Saya selalu menjaga marwah komisi ini," lanjutnya.

Penolakan juga datang dari Fraksi Partai Gerindra. Anggota Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa, menitikberatkan penolakan berdasarkan latar belakang Ruhut. Seperti kasus tuduhan Ruhut melakukan kumpul kebo, hingga kasus tak akui anak.

"Catatan dua ini sangat berat bagi Gerindra menyetujui beliau jadi pimpinan. Ini bukan masalah pribadi, ini masalah disiplin partai. Agar kami tidak dianggap menyetujui orang yang menurut norma kesopanan, menjadi persoalan di konstituen Partai Gerindra," ujarnya.

Hingga kini rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso berjalan alot. Sejumlah anggota melakukan hujan interupsi.
[cob]